Jadi Solusi Daerah Rawan Gempa, Mari Simak 7 Kelebihan Pipa HDPE untuk Kebutuhan Saluran Air

Pipa Hdpe pe100
Dilihat: 846

Pipa High Density Polythylene merupakan pipa berbahan dasar plastik, dengan karakteristik fleksibel dan tahan benturan. Pipa mempunyai ciri khas berwarna hitam, dengan motif empat strip biru di sepanjang badan pipa. Umumnya digunakan sebagai bahan utama pembuatan jaringan induk air bersih, lalu didistribusi ke rumah tinggal dan bangunan. Sering dijadikan solusi perpipaan di daerah pegunungan, simak kelebihan pipa HDPE berikut ini.

Solusi Alternatif untuk Efektifitas Distribusi Air

1. Daya Fleksibelitas Tinggi

Jenis pipa satu ini sering menjadi pilihan utama para kontraktor, sebagai jaringan induk pipa air bersih dari mata air. Memiliki banyak kelebihan dibandingkan jenis pipa logam atau pipa plastik lainnya. Kerap kali menjadi primadona di dunia pembangunan karena sifatnya tahan banting dan anti pecah. Bahan plastik yang digunakan tahan lama dibawah paparan sinar matahari, dan bagian kulit pembungkusnya tidak mudah terkelupas.

Sistem penyambungannya menggunakan metode butt fusion, dengan mesin sambung khusus yang menyesuaikan ukuran pipa. Mesin tersebut akan menghitung detail pipa sesuai dengan diameter dan ketebalan, sehingga sambungan akan menancap kuat. Menghasilkan badan pipa yang tidak rentan lepas, meskipun terkena benturan pada sambungannya. Berkat keunggulannya ini sering dipilih untuk pembuatan saluran air, khususnya daerah pegunungan dan rawan gempa.

Pipa HDPE memiliki beragam teknik penyambungan tidak hanya sistem butt fusion saja, tapi juga mengkombinasikan beragam metode penyambungan pipa. Terutama pada pipa dengan diameter 20 mm sampai 63 mm, atau jenis sambungan elbow dan knee. Cara pemasangannya menggunakan sistem mechanical compression joints, untuk diameter pipa 20 mm. Sedangkan teknik electro fussion khusus penyambungan pipa repairing.

2. Bahan Pipa Kuat

Pipa plastik ini memiliki daya tekan yang luar biasa, tidak heran jika sering digunakan untuk pipa air dan pipa gas. Material polythylene merupakan jenis termoplastik yang berasal dari minyak bumi, dan diproses dengan tekanan yang tinggi. Dalam 1 kg HDPE terkandung 1,75 kg minyak bumi, yang digunakan sebagai bahan baku. Uniknya pipa ini bisa bertahan pada temperatur 120 derajat celcius, dan tahan terhadap bahan kimia.

Keunggulan material tersebut membuat pipa dapat bertahan, meskipun dalam cuaca ekstrim. Alasan tersebut membuat pipa memilik jangka usia yang cukup panjang, hingga mencapai 50 tahun. Bahan pipa tidak mengalami reaksi kimia sekalipun bertemu dengan zat-zat berbahaya. Sehingga saluran air bersih akan terus mengalir dengan aman, tidak perlu khawatir terdapat kuman yang mengendap di dalam pipa. Bagian permukaan halus dan tidak berbau, bagus untuk kesehatan manusia.

Baca Juga  Harga Pipa Hdpe Terkini 2019 Update Terbaru

3. Anti Bocor

Pipa HDPE diproduksi melalui proses polimerisasi radikal dan adisi kationik, sehingga menghasilkan tipe polythelene yang berbeda. Membuat jenis pipa ini tidak mudah mengalami kebocoran, karena diproses menggunakan teknologi tinggi. Menggunakan metode pemanasan untuk menyambung antar pipa, sehingga pipa memiliki daya lekat yang sangat kuat. Biasanya pipa jenis lainnya akan ditemukan kebocoran di titik panjang 12-24 meter, maka berbeda dengan jenis HDPE.

Pipa terbuat dari polythylene 100 alias material termoplastik, dengan tingkat kerapatan molekul yang tinggi. Membuat pipa jenis HDPE mempunyai tingkat rekat yang padat, sehingga bisa ditempatkan di daerah rawan benturan. Permukaannya tidak mudah rusak dan terkelupas, sekalipun diterpa tingkat kelembapan tinggi. Jadi tidak perlu khawatir pipa bocor ketika mengalami tekanan suhu udara.

4. Anti Jamur dan Tidak Beracun

Banyak orang beralih menggunakan pipa HDPEdibandingkan pipa besi, karena bahan bakunya terjamin aman. Dulu pipa besi masih menjadi unggulan sebagai instalasi pipa air yang tahan lama. Para kontraktor menyukai bahan metal karena dianggap tahan banting, dan anti pecah. Namun kenyataannya pipa besi memicu timbulnya karat, sehingga air bersih menjadi tercemar. Akibatnya kesehatan manusia terganggu, sebab air bercampur dengan logam karat.

Material plastik non-toxic membuat pipa tidak mudah terkena korosi, jadi aman dari jamur dan campuran zat kimia. Di Indonesia sendiri pipa digunakan oleh PDAM karena kualitasnya memenuhi standar SNI. Sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan air minum, bagi rumah tangga dan industri. Secara bertahap pipa digunakan untuk mengalirkan air bersih, terutama saluran pengairan untuk pertanian dan perkebunan.

5. Anti Benturan

Sambungan antar pipa HDPE yang kuat membuat badan pipa tidak mudah terlepas, meskipun terjadi benturan pada sambungannya. Dengan keunggulan tersebut para kontraktor memilihnya sebagai jaringan induk saluran air, khusus mata air yang terletak di daerah pegunungan. Ketahananan pipa terhadap kontur tanah dan bebatuan yang curam, mengantarkan pipa sebagai pipa unggulan.

Pipa air ini juga menjadi solusi perpipaan pada daerah rawan gempa dan longsor. Padahal kedua daerah tersebut mempunyai struktur tanah yang labil. Hal tersebut karena pipa memunyai daya lentur tinggi, jadi kerap disarankan untuk daerah sulit seperti perbukitan dan rawa-rawa. Bahan polytylena bisa bertahan pada kondisi lingkungan asam dan basa, sehingga tidak mudah rusak.

Baca Juga  Harga pipa hdpe terbaru di surabaya

6. Tahan Hingga 50 Tahun

Pipa memiliki karakteristik mampu bertahan pada temperatur 20 derajat celcius, untuk masa tahan maskimum 50 tahun. Ketika berada diatas suhu normal akan terjadi pengurangan tekanan kerja maksimum. Namun pipa HDPE tetap bisa bertahan pada perubahan suhu udara, dari normal ke ekstrim. Pada suhu rendah pipa akan bekerja secara maksimum untuk mempertahankan kerapatan, tetapi tidak membuat kinerjanya turun.

Bahan HDPE merupakan jenis polytylena yang bermassa tinggi, serta memiliki ikatan molukel yang kuat. Sehingga memiliki daya lentur yang sangat baik, membuatnya tahan terhadap benturan. Tidak terpengaruh perubahan lingkungan dan usia bahan yang akan habis dimakan waktu, membuat pipa bisa bertahan cukup lama. Oleh sebab itu pipa mampu bertahan hingga usia penggunaan 50 tahun.

Bahan HDPE sering digunakan oleh berbagai produk seperti kantong plastik, peralatan bayi hingga perlengakapan rumah tangga. Tidak heran apabila bahan membuat produk awet, serta memiliki tingkat elastisitas yang baik. Didesain ramah lingkungan, aman untuk kesehatan, dan mudah untuk didaur ulang. Umumnya produk pipa mengantongi standart food grade, sehingga air yang dikonsumsi tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

7. Hemat Biaya

Tidak dipungkiri memakai pipa jenis HDPE dapat meminimal pengeluaran, karena tidak perlu ganti pipa selama beberapa tahun. Harga beli pipa diawal memang cukup tinggi, bahkan termasuk yang paling mahal. Namun jika dikonversikan penggunaan selama puluhan tahun, hasilnya jauh lebih hemat. Daripada pipa biasa dengan masa pakai beberapa tahun, dan harus menggantinya ke pipa baru.

Pemilihan pipa untuk saluran air harus memenuhi standar kualitas, karena fungsinya berkaitan dengan kesehatan manusia. Anda harus cerdik memilih jenis pipa dengan bahan utama, yang sekiranya aman untuk aliran air bersih. Pipa jenis HDPE akan membantu anda untuk realisasi pipa, yang sesuai untuk kebaikan banyak pihak. Pipa juga bisa ditempatkan di daerah pegunungan, dan rawan gempa.  

Tags: , ,

Mungkin anda suka

Dari Sabang Sampai Merauke Ini Daftar Harga Pipa Hdpe Terbaru DI tahun 2020 Yang Harus Anda Tahu
Pipa hdpe dan semua yang harus anda ketahui tentang pipa hdpe

Author

Must Read

No results found.

Menu